KEDAULATAN RAKYAT KORANNYA ORANG JOGJA

Kedaulatan Rakyat adalah Koran lokal yang beredar di kawasan Yogyakarta. Koran merupakan industri media yang telah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan Kedaulatan Rakyat sudah ada sejak lama seiring dengan perkembangan Kota Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta sudah cukup familiar dengan keberadaan KR dalam kehidupan sehari-hari. Koran ini memiliki semboyan Suara Hati Nurani Rakyat. KR ini sendiri mengusung jargon bahwa mereka adalah Koran lokal yang hanya bernaung di wilayah Jawa Tenga bagian selatan seperti Yogyakarta , Magelang, Purwokerto , Kulon Progo, Gunung Kidul, Purworejo tapi ada beberapa yang dikirim ke Jakarta . Tapi kadar penyebaran mereka di Jakarta hanya sedikit volumenya.Itu disebabkan mereka adalah Koran khusus yang sebagian besar berisi mengenai kabar Yogyakarta terkini. 

Kedaulatan Rakyat (KR), didirikan H. Samawi dan H Soemadi Martono Wonohito, adalah surat kabar harian yang terbit di Yogyakarta. KR terbit sejak 27 September 1945. Perusahaan surat kabar KR dipimpin oleh H. Soemadi M. Wonohito. Surat kabar KR terbit tiap harinya dengan jumlah halaman yang awalnya hanya 16 halaman, namun ditambah menjadi 24 halaman, dan oplah lebih dari 125.000 kopi. Sekarang KR  dikelola oleh PT. BP Kedaulatan rakyat dan dikelola 5 direksi, 60 karyawan, dan 120 wartawan.

Koran Kedaultan Rakyat (KR) tidak akan go nasional karena ingin menjaga ikon kota Jogjakarta sebagai kota pendidikan. Dalam kegiatan yang dilakukan KR juga memberikan kesempatan kepada pelajar dan mahasiswa jogja untuk belajar di dunia media massa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk tetap menjaga ikon kota jogja sebagai kota pendidikan. Selain itu KR untuk memberikan ruang untuk para pembaca sesuai dengan jenjang usia. Terbitnya juga diatur menurut harinya.

Koran Harian Kedaulatan Rakyat memuat rubrik Kaca untuk remaja serta berita sosial, politik, budaya, dan olahraga. Harian kedaulatan rakyat tidak memberitahukan langkah – langkah yang diambil saat menghadapi krisis ekonomi 10 tahun lalu , hingga bisa bertahan sampai saat ini karena merupakan rahasia perusahaan. Harian Kedaulatan memiliki solusi menghadapi persaingan media cetak maupun elektronik antara lain dengan cara menginformasikan berita yang up to date, serta mengadakan sosial kontrol dan tidak menambahkan penilaian yang negatif terhadap sesuatu pada berita yang disajikan. Bila harian Kedaulatan Rakyat ini tidak memberikan berita yang up to date, maka orang cenderung untuk membeli Koran harian lainnya, oleh karena itulan harian ini selalu menyajikan berita yang up to date. Harian Kedaulatan Rakyat juga ikut berperan serta dalam mendukung program pendidikan bagi anak – anak dan remaja dengan cara membuat Rubrik pendidikan bagi remaja yang suka menulis dan mengarang. Serta dengan program sosial pendidikan di pelosok desa. 

Harian Kedaulatan Rakyat juga mengadakan kerja sama dengan sekolah – sekolah dalam meningkatkan minat baca murid- murid melalui program reporter remaja. Harian Kedaulatan Rakyat mengambil langkah – langkah nyata untuk mendukung aksi anti korupsi yaitu dengan cara menginformasikan berita mengenai korupsi yang terjadi baik dalam pemerintahan maupun perorangan sehingga pembaca sadar mana yang baik dan mana yang buruk untuk dilakukan dan menjadikan pembaca cenderung ingin melakukan hal yang baik dan meninggalkan hal – hal yang buruk untuk dilakukan.

Wahyu Tri Suseno (09.1.01.07.0157)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s