SANTAPAN (ALA) NUSANTARA (oleh Onik Sam Nurmalaya)

Image

Jum’at, 31 Mei 2013 menjadi moment menggembirakan bagi mahasiswa tingkat 4 prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. Tidak hanya karena para mahasiswa tengah melakukan kunjungan sebagai salah satu syarat mendapatkan nilai dalam mata kuliah praktek jurnalistik, namun di hari tersebut mahasiswa dapat melakukan traveling singkat untuk menghilangkan sedikit penat yang menjadi beban keseharian selama melakukan aktivitas perkuliahan.

Kunjungan tersebut dilaksanakan di kota Jogjakarta. Selama satu hari diawali dari Pantai Parangtritis, dilanjutkan ke Media Masa Kedaulatan Rakyat sebagai lokasi utama, lalu beranjak di pusat belanja kota Jogja yaitu malioboro, menjadikan satu hari itu sangat menyenangkan.

Dalam setiap perjalanan, hal yang tak bisa lepas selain sarana dan prasarana, yang lebih penting dan ide paling utama, tak lain dan tak bukan adalah kuliner. Perjalanan wisata apapun, pasti kuliner menjadi cerita tersendiri yang menyempurnakan kisah traveling. Begitu juga dalam kunjungan di Jogjakarta, mendapatkan 3 kali santapan di dua tempat yang berbeda, dengan 3 menu yang berbeda pula, menjadi kesyukuran yang luar biasa..

Menu pagi, para mahasiswa nusantara disajikan sarapan khas nusantara yang sederhana namun syarat akan gizi yang cukup, yaitu ayam bakar dan sayur sop, serta kerupuk yang tak bisa lepas untuk lauk sehari-hari. Pedas sambal dengan kesegaran teh ala Jogja semakin melengkapi sarapan pagi itu.

Masih di tempat yang sama, Rumah Makan Numani Jogjakarta, menu makan siang adalah sayur asem yang segar dengan lauk kerupuk dan ayam bumbu kecap. Yang tak kalah luar biasanya adalah menu makan malam yang sangat menggiurkan di Rumah Makan Putra Jatim Solo. Krengsengan sayur, sambal goreng tahu tempe, mi goreng, dengan lauk nuget ayam, meningkatkan nafsu makan di malam yang melelahkan dalam perjalanan pulang menuju Kediri kala itu.

Rasa syukur akan segala nikmat dihaturkan kepada Allah yang Maha Kasih karena mahasiswa masih bisa menikmati nikmatnya makanan yang sehat dan luar biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s