PARANGTRITIS ROMANTIC BEACH (oleh Silvia Dwi P)

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal sebagai kota pendidikan dan kota wisata. Beragam objek wisata terdapat di Kota yang berjulukan Daerah Istimewa ini, diantaranya terdiri dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah dan juga memiliki beberapa objek wisata alam. Salah satu objek wisata alam yang terkenal di Jogja adalah wisata pantai                                                         parangtritis.

Kawasan wisata Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogjakarta, sekitar 27 km sebelah selatan Kota Jogjakarta dengan jalan yang relatif datar sehingga sangat mudah dicapai. Dari arah Kota Yogyakarta terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk mencapai kawasan ini. Jalur yang pertama adalah jalur lurus Jogjakarta – Jalan Parangtritis – Kretek – Parangtritis. Jalur ini merupakan jalur utama yang biasa digunakan wisatawan maupun masyarakat luas pada umumnya.

Parangtritis adalah sebuah pantai yang landai dan mempesona dikombinasikan dengan bukit berbatu, bukit pasir, dengan pasir berwarna hitam. Pantai Parangtritis yang cantik memiliki banyak fenomena yang menarik, baik pemandangan alamnya maupun kisah supranaturalnya. Ombak Parangtritis selalu membawa kayu dan bambu menuju darat yang mungkin berasal dari pantai lain di dekatnya. Beberapa kayu diambil dan dibawa oleh penduduk setempat untuk kemudian digunakan di rumah mereka sendiri. Pantai Parangtritis juga merupakan sebuah kawasan wisata yang sempurna untuk menikmati matahari tenggelam (sunset) yang sangat romantis.

Image

Dibalik keindahan dan pesonanya, pantai Parangtritis ternyata mempunyai beberapa cerita mistis yang menakutkan dan menyeramkan bagi beberapa orang. Pantai Parangtritis ini sangat lekat dengan salah satu sosok yang sangat dianggap keramat bagi masyarakat Yogyakarta yaitu sosok dari Nyai Roro Kidul yang disebut – sebut sebagai penguasa pantai selatan di pulau jawa. Sosok dari Nyai Roro Kidul tersebut diceritakan sebagai penghuni kawasan pantai selatan.
Tak sedikit masyarakat yang berwisata di pantai ini yang tewas karena berenang ataupun berada di sekitar bibir pantai. Banyak dugaan yang timbul di kalangan masyarakat yang menyebutkan bahwa hilangnya para wisatawan tersebut akibat ditangkap atau diambil oleh pasukan dari Nyai Roro Kidul. Yang sangat aneh adalah setiap orang yang tenggelam di kawasan pantai Parangtritis ini mayatnya sangat sulit untuk ditemukan hari itu juga, tetapi mayat orang – orang yang tewas akibat tenggelam tersebut ditemukan setelah dua atau tiga hari menghilang dan ditemukan tidak jauh dari tempatnya hilang. Ada cerita lain juga dari beberapa masyarakat yang menyebutkan bahwa jika datang di pantai ini tidak boleh mengenakan baju berwarna hijau, jika siapa saja yang mengenakan baju berwarna hijau maka akan di tarik secara tidak sadar ke tengah laut oleh Nyi Roro Kidul dan kisah ini dibenarkan oleh beberapa masyarakat yang tinggal disekitar pantai ini. Cerita ataupun kisah – kisah mistis tersebut ternyata tidak begitu membuat orang takut untuk datang ke pantai ini malah sebaliknya semakin penasaran tetapi harus tetap mematuhi aturan – aturan yang sudah ada jika tidak bisa jadi kisah misteri tadi dapat terjadi pada anda.

Fasilitas di kawasan wisata ini sudah cukup lengkap. Di sekitar pantai, terdapat banyak sekali hotel dan penginapan dengan berbagai range harga, termasuk hotel dan penginapan yang terletak di atas bukit yang menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah. Di sekitar kawasan pantai, Anda juga bisa menemukan berbagai macam toko souvenir dan oleh-oleh khas Jogjakarta (Bantul), toko-toko kelontong, dan warung-warung makan dengan harga yang sangat terjangkau.

Kawasan wisata Pantai Parangtritis juga menyediakan lahan parkir yang luas dan penyewaan kamar mandi. Sedangkan di bibir pantai Anda bisa menyewa dokar (kereta kuda), motor ATV, kuda, maupun paralayang yang sangat menantang adrenalin. Berfoto-foto di kawasan gumuk pasir membuat Anda seolah-olah sedang berfoto-foto di gurun pasir di Afrika, tak heran tempat ini sering digunakan untuk foto-foto prewedding. Disarankan Anda tidak berenang terlalu ke dalam, karena ombak Pantai Parangtritis cukup berbahaya.    

Tiket masuk kawasan wisata Pantai Parangtritis (meliputi seluruh kompleks) adalah Rp. 3000, – per orang ditambah biaya asuransi sebesar Rp. 250, – per orang. Sedangkan retribusi untuk sepeda motor adalah Rp. 500, -, mobil Rp. 1000, -, dan bus pariwisata Rp. 2000, -. Untuk menyewa kuda atau dokar, Anda bisa membayar Rp. 20.000, – untuk satu kali putaran bolak balik, dan untuk menyewa mobil ATV tarifnya adalah sekitar Rp. 50.000, – hingga Rp. 100.000, – per setengah jam. (SILVIA DWI PUSPITASARI_09.1.01.07.0140)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s