Si Pedas Manis Dan Si Bulat Pathok Khas Jogja

Jogjakarta merupakan salah satu daerah di indonesia yang memiliki nilai budaya yang sangat kental dengan berbagai corak kehidupan. Jogjakarta manjadi tempat tujuan para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri, hal ini menjadikan daerah Jogjakarta manjadi icon dimata dunia. Jogja terkenal kota gudeg, makanan khas jogja ini menjadi salah satu menu andalan disetiap rumah makan dijogja. Di sepanjang jalan malioboro berjejeran aneka makanan yang dijual, mulai dari sate kere sampai si pedas manis sambal khas jogja.

Tak dipungkiri lagi salah satu mahasiswa UNP Kediri manikmati si pedas manis itu, “ini merupakan makanan yang unik,pecel yang dicampur dengan bacem tahu,baru saya ketahui dikota jogja”, ujar Mahasiswa tersebut. Makanan pecel jogja memang unik,bukan hanya sayur- sayuran yang tersaji melainkan dicampur dengan si hitam bacem, bacem yang bahan utama tahu itu rasanya sangat menggoda, tekstur yang lembut dan manis itu manjadikan pecel tersebut manjadi  nikmat bila dimakan bersamaan. Berbagai macam sayuran manjadi satu, mulai dari bayam,daun singkong,daun pepaya, dan si pahit kembang turi dan masih banyak lagi. Satu porsi pecel dihargai Rp.7000 lengkap dengan bacem tahu.

Depan pasar pringharjo tersebut banyak penjual pecel berjejeran. Pemandangan yang tak lazim malihat penjual pecel saling berdempetan,serasa tak bersaing satu sama lain. Keunikan tersendiri bukan rasa pecel yang khas tetapi juga penjual pecel yang ramah menjadi nikmat. Bila berjalan-jalan di malioboro tidak lengkap rasanya kalau tidak bersinggah kejalan malioboro, apa yang di inginkan semua tersaji disana.

Selain kuliner yang khas dikota jogja, salah satu oleh-oleh khas joga yaitu bakpia pathok, banyak penjual bakpia pathok disepanjang jalan kota jogja, salah satunya pusat oleh-oleh terbesar di jogja yaitu di java, banyak menyajikan berbagai oleh-oleh khas jogja mulai dari bakphia,dodol, sampai emping kacang. Banyak tersaji aneka merk dan rasa bakphia patok. Bakphia terdiri dua pilihan yaitu kering dan basah, dan banyak pilihan rasa mulai dari kacang ijo,pandan, keju, ketan hitam sampai ubi ungu. Si bulat pathok itu memiliki tekstur lembut dan kasar,Meskipun harga relatif mahal tetapi rasa yang menggoda tak jadi penghalang untuk menikmatinya.

Posted by : Ulfatul Janah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s