Jajanan Manis Khas Jogja (By Tri Wahyuni)

2013-05-31 16.31.29Jogja selain terkenal sebagai kota pelajar, juga sering dikenal sebagai kota yang memiliki kekayaan budaya dan pariwisata. Sehingga sudah tidak asing lagi jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke kota ini. Kota ini menawarkan begitu banyak pilihan tempat wisata yang cukup menarik dan menggugah untuk dikunjungi, seperti Parang Tritis, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pusat Perbelanjaan Malioboro, Kasongan, dan sebagainya.

Selain menawarkan indahnya pesona pariwisata, di kota ini juga menawarkan berbagai macam makanan khas, yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para pengunjung. Makanan tersebut sangat beragam, diantarnya adalah Geplak, Bakpia Pathok, Dodol Buah, dan sebagainya. Harga yang ditawarkannya pun cukup terjangkau. Mulai dari harga Rp.20.000 kita sudah dapat menikmati aneka jajanan khas tersebut.

Salah satu jajanan yang cukup banyak diminati oleh pengunjung adalah geplak. Geplak merupakan jajanan khas Jogja yang terbuat dari gula putih dan kelapa muda, dan berbentuk bulat. Geplak ini dijual dengan harga Rp. 20.000 / kg. Menurut Ibu Heni, salah satu penjual jajanan khas, Geplak lebih banyak diminati oleh para pengunjung dan lebih laris daripada jajanan yang lain. “Selama 10 tahun saya berjualan jajajan disini, yang paling banyak dibeli ya Geplak ini mbak. Sedangkan yang lainnya justru jarang,” ujar Bu Heni.

Untuk penjualan Geplak tersebut, bu Heni tidak membuat sendiri namun mengambil dari pembuat aslinya, yaitu dari Bantul—Yogyakarta. “Kalau geplak ini, saya langsung kulakan dari Bantul, mbak. Karena Geplak ini produk asli Bantul”, ujar Bu Heni. Selain Geplak, jajanan yang dijual oleh Bu Heni adalah Bakpia Pathok, Dodol Buah, Jenang Kudus, dan lain-lain.

Kekhasan Jogja tidak hanya berhenti pada makanannya saja, tetapi juga minumannya, yaitu Wedang Ronde. Minuman yang terbuat dari jahe ini merupakan minuman khas Jogja yang dapat memberikan rasa hangat pada tubuh. Satu mangkuk Wedang Ronde dijual dengan harga Rp. 5.000. Sehingga dengan harga yang cukup terjangkau kita sudah dapat menikmati minuman hangat ini serta dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika berkunjung Jogja menyempatkan diri untuk mencicipi makanan dan minuman khas ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s