MEDIA MASSA TERTUA DI INDONESIA (Oleh Yunia Nur Afifah Isnani)-Feature

2013-05-31 10.40.07
Pernahkan anda berkunjung ke kota pelajar yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)? Nah, kota Yogyakarta banyak menuai kisah sejarah, diantaranya Kedaulatan Rakyat (KR) yang telah dikunjungi dengan rekan-rekan mahasiswa tingkat 4 semester 8 beserta dosen pembimbing Bapak Subardi Agan dan pendamping pada hari jum’at tanggal 31 juni 2013, pukul 09.24 WIB.Kedatangan mahasiswa-mahasiswi disambut oleh Suci dilanjut Nis selaku ketua penyelenggara kunjungan. Disana kami semua mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana sejarah bedirinya Kedaulatan Rakyat, proses perkembangan berjalannya media, percetakan dan hal lain yang telah didapatkan disana.

Kedaulatan Rakyat merupakan industri media yang telah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan Kedaulatan Rakyat sudah ada sejak lama seiring dengan perkembangan Kota Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta sudah cukup familiar dengan keberadaan KR dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut pemaparan “Suci” yang telah ditemui dikantor Kedaulatan Rakyat sebagai ketua penyelenggara kunjungan rekan-rekan mahasiswa, beliau memaparkan tentang seluk-beluk Kedaulatan Rakyat memiliki nilai-nilai sejarah dan media massa yang mempunyai nilai-nilai perjuangan pada tahun 1980-an. Kedaulatan Rakyat (KR), didirikan H. Samawi dan H Soemadi Martono Wonohito pada tanggal 27 september 1945 yang merupakan media massa tertua di indonesia. Kedaulatan Rakyat juga merupakan media massa dengan jumlah terbesar nomor 6 di indonesia, kantor Kedaulatan Rakyat setiap harinya menerbitkan 100 koran dan Kedaulatan Rakyat juga mempunyai beberapa media cetak yang terdiri dari media cetak kedaulatan rakyat, mingguan, merapi, Kedaulatan rakyat online, kedaulatan rakyat radio itu semua dijalankan secara maksimal sesuai situasi dan kondisi serta mempunyai daerah segmentasi daerah pemasaran agar mempunyai nilai jual untuk tetap mempertahankan eksistensinya. menurut pemaparan “mbak suci” yang telah ditemui dikantor kedaulatan rakyat sebagai narasumber dalam kunjungan rekan-rekan mahasiswa di kantor kedaulatan rakyat. Mahasiswa sangat antusias dengan kunjungan tersebut, mereka mendengarkan dengan detail penjelasan mengenai sejarah terbentuknya Koran Kedaulatan Rakyat(KR) yang disampaikan oleh suci.

Setelah kita bertemu dengan Suci selaku ketua penyelenggara kunjungan, rekan-rekan Mahasiswa dihimbau untuk memasuki sebuah ruangan berisi mesin-mesin percetakan, gulungan kertas koran besar, dan tinta. Mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jelas menanyakannya kepada Budi. Mesin cetak Goss Commoditi berasal dari Kanada, berfungsi untuk mencetak koran dan Goss Magnum seharga 30 M. Mahasiswa juga diajak berkeliling di ruang penjilidan dan percetakan oleh Budi selaku Perwakilan dari Kedaulatan Rakyat. (Yunia Nur Afifah Isnani_4D_09.1.01.07.0167_Feature)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s