PUNDEN MBAH DIYANG

Kediri, 28 April 2013

By : Wahyu Tri Suseno 4D (09.1.01.07.0157)

Masyarakat Jawa masih  banyak mempercayai adanya mitos tentang kekuatan magis di tempat-tempat tertentu khususnya punden. Punden merupakan sebuah tempat yang disakralkan oleh masyarakat setempat bisa berupa pohon, makam dan lain-lain.

Di Dusun Sumber Petung Desa Sempu Kecamatan Ngancar terdapat punden. Warga sekitar menamakan punden tersebut dengan Punden Mbah Diyang. Pemberian nama tersebut berhubungan dengan cerita masyarakat pada waktu jaman penjajahan Belanda.

Pada waktu penjajahan Belanda, Mbah Toi Kromo bertapa di daerah lereng Kelud yang tepatnya sekarang di Dusun Sumber Petung. beliau merupakan orang yang sakti dan dicari Belanda karena merupakan ancaman bagi Belanda. Pada waktu itu Mbah Toi Kromo membuat Diyang (perapian) dan menghilang dengan raganya (mukso). Ditempat mbah Toi Kromo membuat diyang itu dijadikan punden oleh warga sekitar.

Punden Mbah Diyang berbentuk seperti makam ditengah-tengah kebun, banyak orang luar daerah yang datang untuk ngalap berkah ditempat itu. Biasanya pada malam jumat legi banyak yang datang ke punden.

Pengunjung untuk ke punden bisa melewati jalan ke arah gunung Kelud sampai pertigaan Desa Sugihwaras belok kiri sampai masuk gapura desa sempu, dipetigaan kedua belok kiri sampai perempatan belok kanan ditengah-tengah kebun terdapat seperti makam, disitu terdapat punden mbah Diyang. Akses untuk ke Punden Mbah diang sudah jalan beraspal, dipinggir jalan ke punden Mbah Diyang terdapat pemandangan perkebunan nanas yang terdapat di bukit-bukit kecil.
“Setelah dari sini (punden) banyak yang terkabul hajatnya, dan banyak yang kembali lagi untuk syukuran di punden” ungkap kepala dusun Sumber Petung.

Sampai sekarang Punden Mbah Diyang masih banyak yang mendatangi untuk mengalap berkah, bagi orang yang bernazar jika maksud keinginannya kesana berhasil  maka diharuskan  datang ke punden setiap malam jumat legi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s