Kemeriahan Hari Kartini di Bedali (by Zaenab)

Selasa, 23 April 2013 desa Bedali, kecamatan Ngancar, kabupaten Kediri telah diadakan karnaval guna memperingati hari Kartini yang sebenarnya jatuh pada tanggal 22 April. Meriahnya acara dikarenakan terlibatnya mahasiswa-mahasiswi KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) dari Universitas Nusantara PGRI Kediri gelombang 2 kelompok II. Bersama murid-murid dari taman kanak-kanak “Bunga Mulia”.

Para Siswa TK Bunga Mulia dari kelas play group, TK A, dan TK B berpartisipasi dengan didampingi orang tua mengenakan pakaian pahlawan seperti ketika peringat 17 Agustus. Yang menarik dari acara ini adalah mahasiswa ikut terjun langsung mengarak anak-anak dan mengatur jalannya lalu lintas sampai dengan tujuan yaitu dilapangan desa Bedali. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini begitu juga mahasiswa-mahasiswa KKN sangat menikmati kegiatan tersebut. Jika biasanya mahasiswa mengajar SMP / SMA kini mereka melatih anak-anak usia dini / TK.

Karnaval yang melibatkan siswa TK dan play group tersebut berlangsung dari pukul 08.00 s.d. pkl. 12.00 WIB. Mereka berkumpul di lapangan dan berfoto bersama setelah itu anak-anak berkeliling desa Bedali dengan menaiki kereta kelinci. Sorak-sorai gembira hari itu anak-anak bertepuk tangan dan bernyanyi bersama.

Sesuai pernyataan Bu Ros, salah satu guru TK Bunga Mulia mengatakan bahwa kegiatan karnaval selalu dilakukan setiap tahun untuk memeriahkan hari Kartini dan melatih siswa untuk lebih mengenal sosok Ibu Kita Kartini yang sesungguhnya. “ Karena selama ini anak-anak hanya sekedar menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini”. Tambah beliau.

 

 

Pada awalnya mahasiswa KKN kurang bersemangat mengikuti acara tersebut. Karena yang tidak diduga sebelumnya Kepala TK Bunga Mulia meminta salah satu mahasiswa KKN untuk berdandan layaknya seorang ibu Kartini. Sedangkan mahasiswa lain mengatur barisan dan jalannya lalu lintas demi keamanan dan kelancaran acara. Alhasil acara berjalan dengan lancar dan semua menikmatinya sebagai pengalaman kegiatan KKN.

Sungguh menarik memang karena selain murid-murid yang mengenakan pakaian pahlawan, mahasiswa UNP dari Fakultas Ekonomi ( Andin 22 Th) berdandan layaknya Ibu Kartini. Anding berjalan dibarisan depan  dan berjalan disamping anak-anak TK sambil memimpin lagu “Ibu Kita Kartini”. Dan diikuti murid-murid TK Bunga Mulia. Itulah puncak kemeriahan peringatan Kartini tahun 2013 di desa Bedali jika dibandingkan tahun lalu.

Salah satu murid dari TK A ( Abud Hudairi ) mengungkapkan perasaannya bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan  karnaval meskipun harus kepanasan karena sengatan matahari. Abud juga senang karena kakak-kakak mahasiswa KKN dari UNP Kediri ikut berbondong-bondong memeriahkan karnaval “ Apalagi Bu Andin sangat cantik menjadi Ibu Kartini”, tambahnya. Tidak hanya Abud, namun murid lain , yaitu Rizal, Zahra, Fiza dan siswa lainnya merasa senang karena bisa mengabdikan kegiatan itu dengan berfoto-foto bersama kakak-kakak mahasiswa KKN . mereka berharap tahun depan ada mahasiswa KKN lagi di desa Bedali. (Zaenab_4D_09.1.01.07.0172_Berita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s