Ratusan Sapi Perah di Ngancar Diduga Keracunan Pakan Ternak ( By Tri Ratna Sejati )

Ratusan Sapi Perah di Ngancar Diduga Keracunan Pakan Ternak  ( By Tri Ratna Sejati )

Tri Ratna Sejati, Kediri, Ratusan ekor sapi perah di lima desa di wilayah kecamatan ngancar, kabupaten kediri, jawa timur diduga mengalami keracunan makanan ternak.
Ratusan ekor sapi tersebut mengalami gejala penyakit seperti turunya berat badan, diare, keguguran, dan juga turunya produksi susu. Kepala bagian Humas Pemerintah Kabupaten Kediri, Sigit Raharjo Kepala ELSHINTA, jum’at(19/3) hari ini mengatakan, sesuai dengan dinas kehewanan, ratusan sapi perah yang diduga keracunan pakanditemukan di sejumlah peternakkan milik warga di desa Babatan, Desa Jagul, Desa Pandantoyo, Desa Sumber Petung, Desa Dadapan dan Desa Kunjang di Kecamatan Ngancar.
Dugaan awal keracunan pakan diketahui berdasarkan gejala yang terlihat pada sapi perah,yaitu berkurangnya nafsu makan sehingga berat badan sapi menjadi turun. Sapi- sapi perah yang sedang hamil juga mengalami keguguran, dan bahkan ada pula yang langsung mati. Selain itu akibat keracunan ini produksi susu sapi perah juga anjlok hingga lebih dari 50 persen, sehingga para peternak mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.
Saat ini penelitian sedang dilakukan untuk memastikan penyebab keracunan, apakah memang berasal dari pakan sapi atau karena adanya taksin atau mikroba yang menyerang sapi perahdi Kecamatan Ngancar.
Untuk saat ini kita sedang melakukan Uji Laboratorium kesurabaya terkait dengan pakan. Karena sementara ini dugaannya penyebab daripada adanya sapi perah yang mati itu karena pakan ternak, “ ungkap sigit”.

( By. TRI RATNA SEJATI , NPM. 09.1.01.07.0152 , Kelas: 4D )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s