MENGAJI DENGAN JET TEMPUR            Jumlah model dan metode

MENGAJI DENGAN JET TEMPUR

            Jumlah model dan metode pembelajaran saat ini sudah tidak dapat dihitung dengan jari lagi. Perkembangan metode pembelajaran kian hari kian pesat. Berbagai model dan metode pembelajaran diciptakan dan dikembangkan untuk menciptakan inovasi  pendidikan yang menarik dan mampu meningkatkan minat siswa akan subjek pelajaran.

            Model dan metode pembelajaran tidak hanya berkembang melalui jalur pembelajran formal. Banyaknya jenis pendidikan di Indonesia turut memengaruhi perkembangan model dan metode pembelajaran di jalur informal dan non-formal. Salah satu pendidikan non-formal yang ada di Indonesia adalah pendidikan agama.

            Dalam islam pendidikan agama diberikan pada anak sejak dini. Pendidikan dini ini dimulai dengan mengajarkan pada anak cara membaca kita Al-Qur’an. Pembelajaran dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf hijayyah dan cara melafalkannya. Lembaga pendidikan ini biasa dinamai TPA atau TPQ.

            Di desa Sumberagung Kec. Plosoklaten terdapat sebuah tempat mengaji yang memiliki nama unik yaitu Jet Tempur. Jet Tempur sendiri merupakan suatu model pembelajaran atau kurikulum tertentu dalam pendidikan islam yang berisi tata cara membaca Al-Qur’an. Metode pembelajaran jet tempur memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan metode pembelajaran klasik seperti yang terdapat di TPA. Metode pembelajran jet tempur ini lebih mengedepankan proses dengan berprinsip pembelajaran bukan hanya hafalan semata. Metode Jet Tempur dimulai dengan mengenalkan huruf hijayyah asli tanpa harokat dan pelafalannya. Misalnya alif, ba’, ta’, tsa’,jim. Sedangkan model klasik dimulai dengan pengenalan huruf hijayyah dan pelafalannya yang sudah diberi harokat misalnya a, ba, ta, tsa, ja. Cara melafalkan hurufnya juga tidak langsung a, ba, ta tapi disertai proses yang terjadi misalnya “hamzah alif fattah a”. Metode pembelajaran memiliki cara unik untuk melatih santrinya berpikir kritis yaitu dengan cara tidak akan membenarkan bacaan yang salah sampai anak menemukan kesalahannya sendiri. Karena itu metode ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an.

            Metode Jet Tempur juga menggunakan sistem semester ganjil dan genap dan tidak seperti TPA pada umumnya yang hanya memberikan kartu prestasi di jet tempur masing-masing santrinya diberikan laporan hasil belajar per semester berupa penilaian kognitif dan sikap layaknya sekolah formal. Terdapat 6 kelas dalam Jet tempur, kelas awal dimalai dengan kelas SP (sekolah persiapan) kemudian dilanjutkan dengan kelas 1,2,3,4,5,6. Mata pelajaran Jet Tempur meliputi Tajwid ( ilmu tentang membaca Al-Qur’an), Tauhid (ilmu tentang keesaan tuhan), Fiqih, ilmu akhlak, imla’ (cara melafalkan bacaan Al-Qur’an), Qiro’atul Qur’an, Muhafadzoh, dan fasholatan.

            Tarbiyatul Qur’an Jet Tempur memiliki beberapa tata tertib yang unik. Adapun tata tertib nya adalah

  1. Disiplin dalam mengikuti kegiatan selama satu minggu dan izin bila tidak masuk
  2. Memakai baju muslim dan tidak menggunakan lengan pendek dan celana ¾ (sebatas betis)
  3. Berlaku jujur dan dapat dipercaya
  4. Melaksanakan sholat 5 waktu
  5. Membersihkan tempat belajar sesuai jadwal yang ada
  6. Tidak mengeluarkan kata kotor (mengumpat)
  7. Menjaga nama baik Tarbiyatul Qur’an

Untuk biaya pendidikan masing-masing santri dikenakan infaq Rp 5000 per bulan.

            Tarbiyatul Qur’an Jet Tempur di desa Sumberagung ini didirikan dan digagas oleh salah satu alumni dari pondok Lirboyo bernama Bapak Amirul. Beliau mulai mendirikan Tarbiyatul Qur’an Jet Tempur sekitar 3 tahun yang lalu. Awal berdiri hanya memiliki 4 orang santri sampai sekarang sudah berkembang pesat sebangayk 60 santri dengan 4 pengajar tetap.

Jet Tempur sendiri sudah ada dan resmi sejak tahun 1999. Penggagas Jet Tempur adalah KH. Mafthuh Basthof Birri dari Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri. Hanya saja metode ini masih kurang familiar di telinga masyarakat pada umumnya karena memang kurangnya publikasi secara meluas. (Tanti Yuliani_4D_09.1.01.07.0149)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s