Jalan Misteri Gunung Kelud (by sumaji)

mysteri
Ngancar adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri. Di sini terdapat kawasan wisata yang sangat diunggulkan yaitu wisata Gunung Kelud.Ada sepenggal jalan, panjangnya tidak sampai 100 m, berada di jalur utama menuju obyek wisata gunung Kelud. Tepatnya di desa Sugihwaras,

Penggal jalan ini oleh masyarakat setempat dikenal sebagai jalan misteri. Pasalnya, jalan itu terlihat naik tapi semua kendaraan yang berhenti di atasnya mendadak bisa bergerak sendiri ke arah naiknya jalan.Kalau lagi musim liburan sebenarnya tidak sulit menemukan lokasi itu, karena di situlah penggal jalan yang biasanya paling ramai dan padat dikunjungi orang, kata seorang ibu pemilik warung yang kami singgahi.

Penggal jalan yang dikenal sebagai jalan misteri itu merupakan penggal jalan paling lebar dibanding lainnya. Rupanya pihak pengelola taman wisata gunung Kelud sudah mengantisipasi karena di situlah biasanya para wisatawan bergerombol ingin membuktikan sendiri adanya jalan “naik tapi turun” (atau, jalan turun tapi terlihat naik?).Bila mengendarai kendaraan, dengan mesin mati atau nyala dan persneling netral, maka kendaraan akan jalan sendiri. Bila kita menuju ke arah puncak Gunung Kelud dan jika berhenti di jalan misteri, maka mobil akan mundur dengan sendirinya.Begitu pula bila dari puncak Gunung Kelud, maka mobil akan bergerak ke depan.

Jika kita menanyakan ihwal jalan misteri tersebut ke petugas di Gunung Kelud, maka dia akan menjawab bahwa peristiwa jalan misteri tersebut terjadi tiba-tiba tanpa diketahui waktunya. Konon, peristiwa ini disebabkan medan magnet. Namun beberapa sumber dari masyarakat setempat menyebutkan kejadian tersebut ulah dari jin penunggu gunung.

pernah ada orang yang membuktikan menggunakan selang diisi air dan dan katanya hasilnya menunjukkan bahwa jalan itu memang naik. Ya, sudah. Keyakinan seperti yang dimiliki oleh penduduk sekitar, juga teman-temannya dan masyarakat lainnya, agaknya memang tetap perlu “dipelihara”. Agar misteri tetap ada di sana dan kawasan kaki gunung Kelud tetap menarik untuk dikunjungi selain untuk alasan menikmati pemandangan alamnya yang indah.

( sumaji 4D/09.1.01.07.0147/FEATURE)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s