BUDIDAYA IKAN CANTIK (by Rika Ambar)

Kalau singgah atau melewati Kabupaten Kediri, jangan lupa mengunjungi peternakan ikan koi yang terletak di barat lereng kaki gunung kelud tepatnya di desa Pranggang, terletak di wilayah Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri ± 15 Km arah timur Simpang Lima Gumul Kediri. Di desa ini memiliki 2 (dua) sumber mata air yang debit airnya sangat besar yaitu Sumber Air Complang dan Sumber Air Songo serta sumber- sumber air kecil lainnya yang cukup banyak di Desa Pranggang.

Masyarakat di Desa Pranggang ini mayoritas bekerja. Warga banyak yang bermata pencaharian sebagai petani atau buruh tani tanaman hortikultura, tetapi sekarang keadaan itu tidak lagi menjadi prioritas bagi masyarakat, karena hampir setiap rumah di desa ini memaksimalkan hasil sawah dan ketersediaan air yang melimpah dari sumber- sumber yang tidak pernah kering meskipun pada musim kemarau, dan pada akhirnya di pilihlah budidaya ikan koi dengan konsultasi dan bimbingan dari dinas peternakan dan perikanan Kabupaten Kediri .

Dengan adanya bimbingan dari dinas terkait maka budidaya ikan koi di desa pranggang ini berjalan sangat pesat, hampir di setiap rumah terdapat kolam-kolam yang berisi ratusan benih ikan koi dan puluhan bahkan ratusan ikan koi yang siap panen dan siap untuk dijual ke pasar. Dari jumlah kolam yang ada setiap kepala keluarga dapat meningkatkan penghasilan dan strata ekonominya. Karena budidayanya pun cukup mudah, serta waktu panen relatif singkat hanya sekitar 40 hari. Hasil panen masyarakat di jual di pasaran baik pasar lokal, regional maupun nasional. Bahkan di desa pranggang ini terdapat komunitas Kelompok Pembudidaya Ikan koi dengan nama “PRANGGANG KOI CLUB (PKC).

Ikan Koi yang berasal dari Desa Pranggang telah terbukti berkualitas dengan beberapa kali memperoleh hadiah kejuaraan tingkat Regional, Nasional maupun Internasional dalam kontes Ikan Koi yang diselenggarakan oleh APKI (Asosiasi Pecinta Koi Indonesia). Hal ini menunjukkan bahwa Ikan Koi Desa Pranggang tidak kalah kualitasnya dengan ikan – ikan Koi yang berasal dari ikan koi import.

Bahkan setelah panen biasanya di Sumber Air Complang Desa Pranggang terdapat kegiatan mancing mania yang di ikuti oleh masyarakat baik dari Kabupaten Kediri maupun luar Kabupaten Kediri. Bahkan hampir setiap tahun di adakan kontes ikan koi tingkat kabupaten bahkan nasional. Sehingga, tidak perlu diragukan lagi kualitas ikan koi dari hasil budidaya Desa Pranggang ini. (Rika Ambar K._4D_09.1.01.07.0129_Feature)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s