Tarian India Warnai Malam Pelepasan Mahasiswa KKN UNP Kediri 2013 (by Yuyun Nurmawati)

BERITAKEDIRI -Acara pelepasan mahasiswa KKN Gelombang 2, kelompok 10 dan 11 di Desa Bedali, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri berlangsung meriah. Tarian ala India menjadi bagian dari acara yang digelar di gedung Balai Desa Bedali, Kecamatan Ngancar pada Jum’at malam (26/4).
Acara pelepasan mahasiswa KKN ini diselenggarakan untuk menandai berakhirnya kegiatan KKN di desa Bedali. Selain mahasiswa, acara ini juga dihadiri para perangkat desa, termasuk Kepala Desa Bedali, Bapak Wahyono dan Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Nusantara PGRI Kediri, Suratman, S.H, M.Pd serta masyarakat sekitar.

Dalam acara yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini, Kepala Desa Bedali, Bapak Wahyono dan Ketua LPPM UNP Kediri memberikan sambutan. Dalam kesempatan ini juga, diumumkan laporan seluruh program-program KKN yang telah terealisasi dan dibacakan oleh Muhammad Rizan selaku perwakilan kelompok 10 dan 11. Program-program yang telah terlaksana ini merupakan gabungan dari ide para mahasiswa dan rekomendasi dari perangkat desa Bedali. Dari kelompok 10, setidaknya ada 5 program yang dilaksanakan di Dusun Bedali dan Dusun Suko Mrambil. Program-program tersebut adalah bimbingan belajar, pengecatan tapal batas desa sebelah utara antara Desa Bedali dengan Desa Kunjang dan sebelah barat antara desa Bedali dengan Desa Duwet, pemasangan lampu sorot balai desa, pembuatan papan nama / plang RT dan papan/plang nama ruang di SD Bedali V, serta lomba mewarnai dalam rangka memperingati Hari Kartini di tiga lokasi sekaligus, yaitu SDN Bedali V, SDN Bedali IV dan di posko KKN. Senada dengan kelompok 10, kelompok 11 juga telah melaksanakan kurang lebih 5 program di Dusun Bedali dan Dusun Sumberpucung yaitu bimbingan belajar, partisipasi dalam pembangunan masjid, penanaman bibit durian, lomba fashion show dalam rangka memperingati hari Kartini, dan sosialisasi MCK beserta pendataan terhadap warga yang belum memiliki MCK.

“Alhamdulillah, semua program telah terealisasi dengan baik, lancar dan memuaskan. Semoga semua program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Bedali,” ungkap Muhammad Rizan selaku Ketua kelompok 10. Kegiatan KKN ini diakui oleh mahasiswa selain sebagai sarana untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa merasa senang dan puas karena telah diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan dan menemukan keluarga serta lingkungan baru. “Rasanya sangat menyenangkan melaksanakan kegiatan KKN ini. Karena selain mendapatkan teman-teman baru yang sudah seperti keluarga, juga karena kepercayaan dari perangkat desa dan masyarakat terhadap kemampuan kami untuk melaksanakan program-program yang bermanfaat,” tutur Arnika, salah satu peserta KKN.

Acara pelepasan ini juga diisi dengan hiburan seperti pertunjukkan musik akustik oleh kedua kelompok dan penampilan spesial dari Ibu Wahyu selaku Ibu kost kelompok 10 sekaligus Kepala Urusan Keuangan Desa Bedali. Sebuah kejutan ditampilkan oleh kelompok 10 malam itu. Suara sorak sorai penonton bergemuruh ketika seluruh mahasiswa kelompok 10 muncul di panggung dengan mengenakan selendang warna warni ala India. Dengan lagu Kabhi Khusi Kabhi Gham yang dilantunkan Ibu Wahyu, seluruh mahasiswa ikut berjoget ala India di panggung. Acara ini akhirnya ditutup dengan do’a kemudian saling jabat tangan oleh para perangkat desa dengan seluruh mahasiswa KKN di desa Bedali. (Yuyun Nurmawati_4D_09.1.01.07.0171_Berita)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s