SUMBER COMBLANG, WISATA DALAM DESA PRANGGANG (by Onik Sam)

Visit Indonesia adalah salah satu program pemerintah untuk mengenalkan, melestarikan, dan mengembangkan pariwisata alam dan budaya Indonesia baik di kancah nasional maupun internasional. Beberapa tempat wisata alam di Indonesia telah menjadi tujuan wisata para turis baik dalam maupun luar negeri, seperti Gunung Kelud, Gunung Bromo, Telaga Ngebel, Candi Borobudur, Taman Laut Bunaken, Pantai Parangtritis, dan wisata alam terkenal lainnya.
Namun, selain tempat-tempat wisata yang telah menjadi tujuan utama, ternyata sungguh masih banyak tempat-tempat menarik lainnya di seluruh pelosok Indonesia yang bisa dijadikan alternatif tujuan wisata, yang tentunya indah dan tak kalah menarik, seperti Pantai Coro, Gua Selomangleng, Patung Totok Kerot. Tetapi, beberapa tempat menjadi kurang diminati untuk dikunjungi. Kenapa beberapa tempat yang notabene menarik untuk dikunjungi tetapi tidak mampu menarik pengunjung dengan seharusnya? Hal ini bisa saja dikarenakan kurang perhatiannya pemerintah setempat dalam melestarikan tempat-temat tersebut, atau kurang tertariknya masyarakat sekitar dengan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya sendiri.
Kekurang perhatian tersebut tengah digeser oleh masyarakat Kabupaten Kediri, khususnya masyarakat Kecamatan Plosoklaten beserta jajaran pemerintahannya dengan mulai mengembangkan wisata alam daerah sekitar, agar lebih banyak menarik minat wisatawan khususnya wisatawan dari daerah setempat. Buktinya, jika di Kec.Plosoklaten Kab.Kediri terkenal dengan wisata Ubalan, maka alternatif lain ketika datang di daerah tersebut adalah wisata Sumber Comblang yang berada tak jauh dari Wisata Ubalan yaitu di Desa Pranggang Barat, tepat beberapa meter ke utara dari Balai Desa Pranggang Kec.Plosoklaten Kab.Kediri.
Medan menuju lokasi tersebut sangatlah mudah, ditambah lagi banyak papan nama di sepanjang jalan hasil kreatif mahasiswa KKN Universitas Nusantara PGRI Kediri tahun 2013, yang akan memudahkan para pengunjung untuk menemukan lokasi wisata. Sesampainya disana, kita akan disuguhkan pemandangan asri pepohonan jati yang besar dan di tengahya terdapat telaga dengan jembatan menghiasi sebagai penghubung jalan untuk menuju ke tengah sumber.
Mengutip perkataan Ibu dr.Hj.Haryanti Sutrisno, Bupati Kab.Kediri saat kunjungannya di Tempat Wisata Sumber Comblang Jumat 5 April 2013 bahwa sudah selakyaknya warga masyarakat sekitar ikut menjaga dan melestarikan wisata yang menjadi warisan alam untuk kita.
Jika Visit Indonesia ingin sukses, sepertinya kita harus memulai dengan melestarikan Visit wisata daerah masing-masing, seperti Visit Kediri. (Onik Sam Nurmalaya_4D_09.1.01.07.0184_Feature)
DSC02237

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s